Contoh Pidato Singkat Pergulan Bebas

Hayyyy teman-teman kali ini saya akan membagi salah satu contoh pidato yang saya buat+ dibantu oleh salah satu pihak. Sebenarnya pidato ini pernah saya gunakan dalam ujian praktek Agama Islam di sekolah saya dan mendapat nilai yang memuaskan. Nah semoga contoh pidato ini dapat bermanfaat bagi teman-teman 

PERGAULAN BEBAS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil’ alamin wabihi nastain wa’ala umuridunniya waddin washalatu wassalamuala asrafil ambiyai walmursalin sayyidina Muhammadin wa’ala alihi wa shahbihi ajma’in Ama ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW,  sahabat-sahabatnya serta para pengikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas yang marak terjadi saat ini. 

Di era globalisasi banyak remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah pergaulan yang terlalu berlebihan dan telah menyalahi aturan-aturan atau norma-norma agama yang ada dimasyarakat. Pergaulan bebas ini contohnya remaja mabuk-mabukan, menggunakan narkoba, merokok, balapan liar dan hamil diluar nikah.

Faktor-faktor pemicu pergaulan bebas:
1.  Pengaruh Buruk Dari Lingkungan
  Remaja yang melakukan pergaulan bebas biasanya dikarenakan terpengaruh oleh lingkungannya, baik dari teman, tetangga, orang lain atau bahkan dari lingkungan keluarganya. Oleh karena itu maka pandai-pandailah memilih teman. Teman yang baik tidak akan merusak masa depan temannya sendiri. Bukan berarti kita berteman pilih-pilih tetapi ibarat kata orang bijak, "Kalau ada jalan yang bagus, mengapa harus kita pilih jalan yang rusak dan penuh lubang? Benar gak?"

2. Kurangnya Pengawasan dan Perhatian Dari Orang Tua
  Mereka yang kurang atau bahkan tidak mendapat perhatian dari orang tua biasanya akan mencari perhatian dari luar lingkungan keluarga, tanpa melihat apakah itu hal yang positif maupun negative.

3. Kurangnya Pendidikan Agama dan Keimanan
  Agama dan keimanan merupakan landasan hidup seorang individu. Tanpa agama hidup mereka akan kacau, karena mereka tidak mempunyai benteng dan pandangan hidup dalam dirinya. Agama dan keimanan juga dapat membentuk kepribadian individu. Dengan agama seseorang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Tetapi pada remaja yang ikut kedalam pergaulan bebas ini biasanya tidak mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu mereka tidak merasakan atau bahkan mengetahui dosa apa yang telah mereka perbuat, yang ada di pikiran mereka adalah kesenangan yang mereka dapat.

Faktor-faktor tersebut lah yang mengakibatkan para remaja terjerumus ke jalan yang sesat yang akan merugikan mereka sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Diantaranya terserang penyakit HIV / AIDS,  hamil di luar nikah, aborsi, ketergantungan obat, tawuran remaja dll yang dapat merugikan remaja. Pasti kalian semua tidak ingin merasakannya hal tersebut kan?

Surah Al-Isra' Ayat 32 
Isra' Ayat 32 
وَلاَ تَقْرَبُوا الزِّنَى إنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلاً

Artinya :
“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al-Israa’/17:32)

Jadi pergaulan bebas adalah suatu perbuatan yang tidak terpuji dan buruk yang banyak merugikan diri sendiri. Oleh karena itu kita harus menjauhi perbuatan tersebut dan memperdalam ilmu agama agar tidak terjerumus dan menyesal pada akhirnya. 

Bagi kalian yang sudah terjerumus dalam pergaulan bebas, segeralah keluar dari lingkaran setan tersebut. Walau pada akhirnya penyesalan yang akan kalian dapatkan tapi janganlah berhenti untuk mencoba dan terus mencoba menjadi yang lebih baik, dengan mendekatkan diri kepada Allah. Memang tidak mudah membangun kembali apa yang telah rusak, akan tetapi ingatlah ‘lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali’. Penyesalan memang selalu terlambat tapi hal inilah yang membuat kita sadar dan percaya bahwa jalan yang kita pilih selama ini salah.

Semoga apa yang saya sampaikan barusan dapat bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.  

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Makalah Biologi Jamur Lendir Plasmodial

Bentuk Waktu Dalam Tenses Dan Penggunaannya

Contoh Makalah Bunga Mawar